Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasuki Masa Pubertas, Ini Tindakan yang Harus Dilakukan


Pubertas adalah salah satu fase hidup yang dialami oleh manusia. Fase pubertas ini ditandai dengan berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang. Kalau sebenarnya apa itu pubertas, apa ciri cirinya serta bagaimana menghadapi masa pubertas ? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang pubertas.

Bisa dibilang pubertas adalah fase perubahan dari anak anak menuju ke dewasa. Dan perubahan ini biasanya terjadi baik pada fisik maupun non fisik seseorang. 

Ada beberapa tanda seseorang mengalami atau masuk masa pubertas. Misalnya saja mengalami mimpi basah bagi seorang pria atau untuk wanita mengalami menstruasi pertamanya. 

Selain pertanda pertanda tersebut ada juga perubahan fisik yang sangat nampak ketika memasuki masa pubertas. Perubahan fisik ini biasanya karena ada pengaruh hormon di dalam tubuh. Salah satu contoh perubahan fisik ini misalnya saja mulai tumbuhnya payudara serta membesarnya ukuran pinggul pada wanita. Sedangkan pada pria salah satu perubahan fisik yang kasat mata adalah tumbuhnya jakun di leher disertai perubahan suara menjadi lebih besar. Orang yang memasuki masa pubertas biasanya juga akan tumbuh bulu di kemaluannya dan ini berlaku baik bagi pria maupun wanita. 

Pengaruh hormon saat memasuki masa pubertas juga mempengaruhi keluarnya keringat dari dalam tubuh. Dimana remaja yang memasuki pubertas biasanya akan relatif lebih mudah dan banyak berkeringat. Jerawat Pun biasanya juga akan muncul ketika memasuki masa pubertas karena pengaruh hormon hormon ini. 

Lalu bagaimana untuk menyikapi masa pubertas ini baik baik anak remaja yang mengalaminya ataupun bagi orang tua yang anaknya sedang memasuki masa pubertas?. Tentu saja kita perlu untuk menyikapi masa pubertas ini dengan tepat dan bijak. 

Untuk remaja yang sedang memasuki masa pubertas salah satu langkah yang  perlu dilakukan ketika memasuki masa pubertas adalah dengan tetap tenang menyikapinya. Konsultasikan kepada orang tua atau pihak lain yang berkompeten jika memang ada masalah baik yang terkait dengan perubahan fisik, mental maupun psikis saat memasuki masa pubertas. Tak ada salahnya juga untuk menambah pengetahuan atau literasi tentang pubertas ini. Tentu saja dari sumber sumber yang bisa dipercaya dan dengan pendampingan dari orang tua. 

Dan yang tidak kalah pentingnya bagi remaja yang sedang mengalami masa pubertas adalah tetap  menjaga kesehatan tubuhnya. Misalnya saja dengan olahraga secara teratur, istirahat cukup,  serta mengkonsumsi makanan makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi yang tepat tidak kekurangan ataupun berlebih. Termasuk juga yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan terhadap tubuh mengingat saat masa pubertas keringat yang keluar biasanya cukup banyak serta mulai timbul jerawat.

Dan terkhusus untuk remaja perempuan yang memasuki masa pubertas maka harus mulai membiasakan diri mengalami menstruasi tiap bulannya. Mereka juga harus mempersiapkan kebutuhan khusus menstruasi seperti pembalut dan yang sejenisnya. Dan mengingat ketika mereka menstruasi mereka mengalami mood swing maka sebaiknya berusaha untuk mengatasinya. 

Sedangkan untuk orang tua yang anaknya baru memasuki masa pubertas yang sebaiknya mereka lakukan adalah memberikan pendampingan serta bimbingan jika memang diperlukan. Dan ada baiknya mereka juga siap untuk menjadi pendengar segala keluh kesar atau cerita dari anak anak mereka yang sedang mengalami masa pubertas. Dengan demikian anak remaja mereka akan bisa melalui masa pubertas ini dengan aman dan nyaman.

Posting Komentar untuk "Memasuki Masa Pubertas, Ini Tindakan yang Harus Dilakukan"