Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Domain dan Hosting Untuk Website


Hosting dan domain merupakan komponen utama yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah website. Jika domain berfungsi sebagai nama atau alamat dari web maka hosting memiliki kegunaan untuk menyimpan data ataupun file agar bisa diakses secara online dari berbagai tempat. Kedua hal tersebut sama pentingnya. Sehingga sebelum kita membuat website kita perlu mempertimbangkan dalam pemilihan hosting dan nama domain. 

Untuk pemilihan domain beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah sebagai berikut :

Pemilihan Nama Domain

Untuk nama domain kita bisa memutuskan apakah akan menggunakan nama yang brandable atau menggunakan KOD (keyword on domain). Jika kita ingin membangun website untuk jangka panjang dan membangun brand kita maka tentunya memilih nama domain yang brandable adalah pilihan yang tepat. Dalam pemilihan nama domain ini pastikan juga memilih nama domain yang tidak terlalu panjang sehingga mudah diingat dan jika bisa hindari penggunaan tanda - maupun angka untuk nama domain.

Pastikan juga nama domain ini tidak melanggar hak cipta pihak lain. Karena akan bisa saja kita dituntut dan domain diambil alih oleh yang berhak jika kita memaksakan menggunakan nama domain hak cipta pihak lain. Banyak kasus yang sudah terjadi terkait persengketaan nama domain ini.


Ekstensi Domain

Dalam pemilihan domain ini perlu juga kita untuk memperhatikan ekstensi yang dipakai. Memang domain .com saat ini merupakan pilihan yang paling populer akan tetapi jika memang sudah tidak tersedia kita bisa memilih ekstensi lain yang juga populer seperti .net, .org, .info. Atau jika menginginkan domain lokal indonesia kita bisa menggunakan ekstensi .id, web.id, my.id  ataupun co.id jika ingin terlihat lebih kredibel.

Jika nama domain sudah kita tentukan hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah soal hosting. Hosting ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup sebuah web. karena jika hosting down web tidak bisa diakses dan jika keseringan tentunya akan menurunkan peringkat web di mesin pencari serta mengecewakan pengunjung.

Adapun beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam pemilihan web hosting diantaranya adalah sebagai berikut :

Reputasi Hosting

Pilihlah layanan hosting yang memiliki reputasi baik. Salah satu cara melihat reputasi dari provider hosting ini adalah dengan melihat review dari pemakai layanan mereka. Kita bisa melihat review ii baik di media social, forum maupun web web yang ada di internet. Akan tetapi dalam melihat review ini kita juga perlu untuk lebih teliti lagi karena bisa saja pereview adalah affiliate dari sebuah layanan web hosting. 

Untuk masalah reputasi ini jika kita menggunakan layanan hosting indonesia kita juga bisa memilih layanan hosting yang sudah memiliki legalitas dan berbadan hukum. Di Indonesia sendiri saat ini ada beberapa layanan yang sudah berbadan hukum entah itu PT maupun CV. Salah satu contohnya adalah Qwords ( PT. Qwords Company International). 

Spesifikasi Hosting

Spek dari hosting merupakan salah satu hal utama yang perlu untuk kita perhatikan sebelum menyewa hosting. Karena jika salah memilih spek bisa saja web yang kita buat tidak bisa berjalan dengan optimal. Karena itu pastikan memilih layanan hosting sesuai dengan kebutuhan web kita. Dalam memilih spek ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan misalnya saha soal kapasitas storage, bandwidth, lokasi server, inode, cpu dan lain sebagainya. Jika kita memang belum begitu paham dengan spek hosting atau bagaimana kebutuhan web kita, kita bisa berkonsultasi dengan orang orang yang lebih paham hal tersebut lewat berbagai forum yang ada di internet.

Biaya Sewa Hosting

Penting Juga bagi kita untuk membandingkan harga antara layanan hosting yang satu dengan lain agar bisa mendapatkan layanan hosting murah yang biaya sewanya sesuai dengan budget kita. Pilihlah layanan hosting dimana kita bisa memilih akan membayar secara bulanan, tahunan atau sekian tahun sekali. Sehingga kita bisa memilih jangka waktu sewa hosting sesuai kebutuhan.

Metode Pembayaran

Karena tak semua orang Indonesia memiliki akses ke bank (memiliki rekening bank) maka ada baiknya memilih layanan hosting yang menyediakan banyak metode pembayaran selain lewat bank. Sebagai contoh jika anda membeli hosting atau domain di Qwords selain bisa membayar lewat rekening bank juga bisa menggunakan beberapa metode pembayaran lainnya seperti minimarket, dompet digital (ovo, gopay, shopee pay, LinkAja) dan lain sebagainya.


Posting Komentar untuk "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Domain dan Hosting Untuk Website"