Selasa, 15 September 2020

Memilih Hosting yang Tepat Untuk Website Kita

Di era digital seperti sekarang ini memiliki sebuah website bisa jadi merupakan sebuah hal yang menguntungkan. Dengan memiliki sebuah website berbagai manfaat bisa kita peroleh. Kita yang membangun website toko online misalnya bisa berpeluang meningkatkan penjualan dan menjangkau calon konsumen hingga seluruh pelosok negeri. Demikian pula untuk jenis website website lainnya juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti meningkatkan brand awareness, sebagai sarana publikasi dan promosi, mempermudah operasional dan lain sebagainya.

Karena itu tidak mengherankan jika kepemilikan website makin tahun makin bertambah. Apalagi kini untuk membuat website sudah cukup mudah. Tak seperti dulu dimana ketika kita akan membuat website harus melakukan coding sendiri dari awal kini dengan adanya berbagai CMS kita bisa membangun website dengan lebih cepat dan mudah. CMS CMS ini bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya kita akan membuat toko online kita bisa menggunakan prestashop atau magento, jika ingin membuat blog ataupun portal berita bis amemilih memakai wordpress, drupal maupun joomla, Untuk membuat web jenis forum bisa memakai xenforo, phpbb, vbulletin dan seterusnya. Kini kita bisa membuat sebuah web dengan mudah bermodalkan domain dan hosting saja. Dalam pembuatan website kedua hal tadi merupakan penting yang harus perhatikan dengan baik. 

Domain merupakan alamat website yang memudahkan user untuk mengakses suatu website tanpa harus memasukkan alamat IP. Karena pentingnya domain ini sebaiknya kita memilih domain yang mudah diingat, sesuai dengan website yang kita buat, dan tidak melangar hak cipta.

Seain domain kita juga tidak boleh melupakan peran hosting dalam pembuatan websita. Hosting sendiri berfungsi untuk menyimpan data web sehingga bisa diakses secara online. Dengan hosting yang berkulitas bagus tentunya website bisa diakses lebih cepat. Demikian juga sebaliknya hosting yang jelek akan mempengaruhi performa website misalnya web menjadi lambar, sering down dan lain sebagainya.

Karena itu penting bagi kita yang akan atau sedang membuat website untuk memilih layanan hosting yang tepat. Setidaknya sebelum kita memutuskan untuk memilih sebuah hosting kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Beberapa hal yang perlu untuk kita pertimbangkan ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Sesuaikan Spek Web Hosting dengan Kebutuhan Kita
Hal pertama yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih hosting ini adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini karena berbeda jenis website tentunya membuuthkan spek hosting yang berbeda. Sebagai contoh personal web statis yang hanya terdiri dari beberapa page saja tentunya memerlukan spek yang relatif lebih rendah dibandingkan jika kita akan membuat web jenis forum atau ecommerce. Dalam pemilihan spek ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan misanya saja soal storage hosting, bandwith, RAM, inode , lokasi server dan lain sebagainya. Untuk lokasi server sendiri kita bisa memilih yang sesuai dengan target pengunjung kita. Misalnya saja kita hanya menargetkan pengunjung dari Indonesia maka bisa memilih Hosting Indonesia dengan server IIX. Pastikan juga memilih hosting dengan uptime yang tinggi.

2. Harga
Hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan hosting ini adalah soal harga sewa. Sebaiknya sesuaikan saja dengan budget yang kita punya. Dalam masalah harga ini kita juga harus jeli karena saat ini cukup banyak hosting murah yang memiliki spek dan kualitas cukup bagus. 

3. Review Pengguna Lain
Hal selanjutnya yang juga bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih hosting adalah review dari pengguna hosting tersebut. Kita bisa melihat review ini baik lewat google, media sosial maupun lewat forum forum yang membahas tentang hosting macam DWH atau webhostingtalk. Pilihlah layanan hosting yang memiliki review bagus.

4. Pilih Layanan Hosting Berbadan Hukum
Akan lebih baik memilih layanan hosting yang sudah berbadan hukum entah itu PT ataupun CV  dan memiliki alamat fisik yang jelas dibandingkan dengan layanan hosting yang masih dikelola personal saja. Hal ini karena layanan yang berbadan hukum umumnya lebih profesional dan tak hanya dikelola oleh 1 atau 2 orang saja. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak layanan hosting yang berbadan hukum dan sudah berdiri cukup lama misalnya saja Qwords yang sudah ada sejak tahun 2005 atau sudah 15 tahun bergerak di bidang hosting.

5. Customer Support yang Responsif
Pilih layanan hosting dengan customer service (Cs) yang ramah dan responsif sehingga ketika terjadi gangguan pada hosting bisa segera diatasi.

Memilih Hosting yang Tepat Untuk Website Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: elektropedia

0 komentar:

Posting Komentar