Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memasak seafood yang baik dan benar


Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru terlebih lagi jika dilakukan bersama orang terkasih, memasak juga kini bukan lagi hanya sekedar kegiatan wajib yang dilakukan oleh ibu rumah tangga namun juga sebagai hobi yang digemari berbagai kalangan bahkan remaja laki-laki. Memasak bisa mengolah berbagai jenis masakan mulai dari sayuran hingga berbagai olahan daging dan juga seafood, hal ini dapat disesuaikan dengan selera dan juga keahlian masing-masing individu dalam memasak.  Jika jaman dahulu orang tua kita memasak menggunakan buku masakan atau juga dengan mencatat secara cepat resep yang diterima dari tayangan televisi tanpa adanya fitur menyimpan video atau pause, kini kita dapat dengan mudah mendapatkan resep masakan dari berbagai aplikasi memasak dan juga blog dengan hanya meletakkan jenis masakan apa yang kamu cari melalui mesin pencari google. Maka dari itu dengan kemudahan inilah memasak menjadi hobi yang digemari berbagai kalangan. Walau ternyata masih saja ada beberapa menu yang membutuhkan kemampuan atau skill yang cukup tinggi untuk dapat memasak menu tersebut salah satunya adalah seafood.

Seafood merupakan olahan makanan laut seperti ikan, kerang, udang, dan sebagainya. Mengolah seafood merupakan tantangan tersendiri karena mengolahnya tidak sesederhana masakan lainnya dan juga agak sulit untuk menghilangkan bau amis yang menjadi ciri khas seafood. Untuk dapat memudahkannya simak tips memasak seafood yang baik dan benar di bawah ini.

1. Dapatkan bahan yang masih segar

Bahan yang masih segar meskipun memiliki bau amis namun cukup mudah dihilangkan selama proses pemasakan, sedangkan bahan yang tidak segar akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan sulit untuk dihilangkan, jika kamu memutuskan untuk membeli bahan seafood untuk disimpan dan tidak langsung dimasak maka kamu harus menyimpan di tempat dingin seperti es batu atau lemari es untuk tetap menjaga kesegarannya.

2. Beberapa jenis seafood lebih baik dibeli dalam kondisi hidup

Berkaitan dengan poin sebelumnya, seafood segar adalah seafood yang terbaik. Udang dan kepiting akan lebih baik dibeli saat kondisi hidup, untuk kerang biasanya dipilih yang terbuka dan memiliki tampilan serta aroma segar.

3. Bersihkan segera ikan 

Ikan adalah jenis seafood yang mudah busuk jika tidak disimpan dengan baik atau diolah dengan benar, bersihkan segera ikan setelah didapat, bersihkan bagian sirip dan yang terpenting adalah bagian dalam atau perut ikan agar menghindari kebusukan

4. Gunakan bumbu yang tepat

Hal ini merupakan hal yang terpenting karena menentukan rasa yang dihasilkan, untuk lebih tepat menentukan jenis bumbu  yang digunakan kamu bisa melihat beberapa resep yang diberikan salah satunya adalah aplikasi yummy idn. Kelebihan aplikasi resep masakan yummy idn adalah kamu bisa mendapatkannya secara gratis dan didalamnya kamu akan mendapatkan resep yang lengkap dan beragam, selain itu kelebihan aplikasi yummy idn lainnya adalah kamu bisa mendapatkan resep berdasarkan budget yang kamu miliki dan juga berdasarkan bahan yang sudah kamu miliki di dapur.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memasak seafood dengan benar, pastikan kamu mendapatkan bahan yang segar agar memudahkan kamu dalam mengolah masakan. Pastikan juga kamu mendapatkan dan menggunakan jenis bumbu yang benar agar masakanmu memiliki cita rasa yang tinggi .

Posting Komentar untuk "Tips memasak seafood yang baik dan benar"