Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Fakta Seputar Alergi Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

alergi anak
Alergi baik itu alergi anak maupun alergi pada orang dewasa merupakan penyakit yang timbul ketika sistem imunitas / kekebalan tubuh bereaksi secara abnormal terhadap suatu benda. Reaksi abnormal sistem imunitas tubuh ini menjadikan benda benda yang sebenarnya tidak berbahaya seperti makanan ataupun minuman dan benda benda lainnya yang masuk ataupun tersentuh tubuh dianggap membahayakan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan zat anti body atau imunnoglobulin E (IgE). Antibody IgE inilah yang kemudian memicu beberapa sel dalam tubuh mengeluarkan beberapa zat kimia termasuk juga histhamin ke sistem peredaran darah. Dan histhamin inilah yang biasanya menyebabkan rasa gatal pada tubuh.

Di dunia sendiri alergi merupakan sebuah penyakita yang sangat banyak penderitanya. Sebagai salah satu contoh misalnya di amerika serikat terdapat 50an juta lebih orang yang terserang alergi dengan berbagai jenis penyebabnya, dan sebagian dari mereka yang terserang ini adalah anak anak yang masih dalam usia sekolah. Sehingga tidak mengherankan jika berdasarkan artikel di kidshealth di amerika serikat terdapat 2 juta kasus anak tidak masuk sekolah karena terserang alergi dalam setahunnya. Untuk tingkatan alergi yang menyerang anak anak ini juga bervariasi keparahannya, dari yang hanya bersifat mengganggu saja seperti gatal gatal tingan hingga ke tingkat yang lebih serius seperti sesak nafas dan bahkan ada juga yang terkena alergi hingga mengancam jiwanya.

Sebagai orang tua yang memiliki anak maka ada baiknya jika kita memiliki pengetahuan soal alergi anak. Hal ini memiliki tujuan agar jika anak kita di kemudian hari ternyata terserang alergi kita bisa mengetahui apa penyebab, gejala dan cara mencegah serta mengatasinya. Beberapa fakta tentang alergi anak di bawah ini mungkin akan sedikit menambah pengetahuan orang tua tentang alergi baik itu penyebab, gejala, maupun pencegahannya. Adapun fakta fakta tentang alergi anak tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 
  • Penyebab utama alergi pada anak biasanya adalah dari makanan maupun minuman yang dikonsumsinya. Meski ada benda benda lain seperti debu, serbuk sari tanaman dan lain lainnya yang menjadi alergen penyebab alergi, akan tetapi berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan biasanya alergi pada anak terjadi karena dipicu oleh makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Dan menurut beberapa penelitian susu sapi merupakan salah satu alergen yang paling banyak menyebabkan alergi pada anak anak.
  • Meskipun alergi bisa diturunkan dari orang tua akan tetapi tidak semua alergi terjadi karena faktor keturunan, berdasarkan sebuah uju coba yang telah dilakukan oleh ahli imunologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine hanya 28 persen anak yang alerginya karena faktor keturunan.
  • Alergi ternyata tidak hanya berefek terhadap fisik anak saja akan tetapi juga ke psikis mereka. Umumnya kita hanya tahu jika alergi ini hanya menyebabkan gangguan pada tubuh seperti rasa gatal, sesak nafas, diare, sakit perut, dan yang sejenisnya. Akan tetapi belakangan ini diketahui bahwasanya alergi juga bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak. Anak anak yang terkena alergi apalagi yang sudah agak parah bisa terganggu psikologisnya misalnya saja menjadi penyendiri, kurang ceria dan yang sejenisnya.
  • Cara palin tepat untuk mencegah terserang alergi makanan adalah dengan mengetahui apa penyebab dari alerginya dan berusaha untuk tidak mengonsumsinya atau bisa juga dengan mencari bahan makanan subtitusi yang memiliki nilai kecukupan gizi setara namun tidak mengandung alergen. Misalnya untuk yang alergi susu sapi bisa diganti dengan mengonsumsi susu soya (susu kedelai)

Posting Komentar untuk "Fakta Fakta Seputar Alergi Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua"