Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Motor Sport Dengan Baik

motor sport
Motor sport merupakan salah satu varian motor yang cukup banyak penggunanya. Meskipun harga dari motor sport ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda motor jenis lainnya namun tetap saja motor sport laku keras. Hal ini membuktikan jika memang tiap jenis motor ada segmenya sendiri sendiri. Terlebih lagi sepeda motor jenis motor sport ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh motor motor lainnya seperti motor bebek atau matic.

Tentu saja salah satu kelebihan yang tampak nyata terlihat dengan jelas pada motor sport adalah pada tampilannya. Tampilan sebuah motor sport yang tampak gagah tentunya  jika dibandingkan dengan motor bebek atau matic jauh terlihat lebih keren. Hal ini bahkan menyebabkan beberapa orang jauh lebih percaya diri ketika mengendarai sebuah motor sport. Kelebihan lainnya tenu saja adalah soal akselerasi dan kecepatan dari motor sport. Motor sport biasanya bisa digeber dengan kecepatan yang cukup tinggi dan proses perpindahan kecepatannya juga cukup lancar. Demikian juga soal tenaga, motor sport yang biasanya memiliki ber cc tinggi mampu menghasilkan tenaga dan juga torsi yang besar.

Akan tetapi sejumlah keunggulanyang dimiliki oleh motor sport ini akan menjadi sia sia belaka jika pemiliknya tidak melakukan perawatan terhadap motor sportnya dengan baik. Sepeda motor entah itu jenis motor sport maupun yang lainnya jika tidak dirawat atau dirawat secara asal asalan saja maka dalam jangka waktu tertentu tentu akan mengalami penurunan funngsi atau bahkan bisa menimbulkan sejumlah kerusakan. Oleh karena itulah perawatan sepeda motor yang baik merupakan salah satu kunci agar motor yang dimiliki bisa nyaman dan berfungsi dengan baik saat dikendarai. Untuk merawat motor sport dengan baik ini ada beberapa tips yang harus anda perhatikan diantaranya adalah :


  • Hidupkan motor setiap hari, agar komponen dari sepeda motor bisa tetap bekerja dengan baik maka mesin dari moto hendaknya dihidupkan secara rutun. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah timbulya karat ataupun kerak pada komponen tersebut.
  • Cek kondisi oli, sistem pelumasan merupakan salah satu hal paling penting pada sebuah sepeda motor. Oleh karena itu kita harus benar benar memperhatikan soal pelumasan ini. Kita harus mengecek oli yang ada pada motor sport ini secara rutin. Pengecekan ini meliputi pengecekan ketinggian atau level dari oli. Jangan sampai oli yanga da terlalu rendah karena hal ini akan menyebabkan sistem pelumasan tidak akan berfungsi dengan baik. Cek juga kekentalan serta kebersihan dari oli apakah oli sudah tercampur denga  kotora kotoran atau tidak. Dan apakah oli tersebut sudah perlu untuk diganti atau belum.
  • Cek sistem kelistrikan sepeda motor, Hal yang perlu dicek dalam amslaah kelistrikan ini adalah aki dan juga kabel kabel. Untuk aki pastikan belum soak atau dengan kata lain kapasitasnya masih normal. Pastikan juga terminal teminalnya baik itu terminal + maupun - bersih serta tidak berkerak. Sedangkan untuk pengecekan kabel pastikan kabel dalam kondisi bagus yakni tidak terkelupas. Pastikan juga kabel yang ada rapi tatanannya.
  • Cek ban motor, pengecekan ban pada sepeda motor ini meliputi pengecekan tekanan angin dan juga pengecekan kondisi fisik dari ban tersebut. Pastikan tekanan angin sesuai dengan ketentuan tidak terlalu keras maupun lunak agar motor tetap nyaman saat digunakan. Pastikan juga fisik dari ban motor apakah gripnya masih bagis atau tidak. 

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Motor Sport Dengan Baik"