Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Suplemen Zinc untuk Mengatasi Diare pada Balita

Diare menjadi masalah kesehatan yang sering dialami oleh balita. Faktor penyebabnya bisa dari infeksi bakteri maupun virus, makanan yang tidak cocok dengan tubuh bayi, alergi terhadap jenis obat tertentu, keracunan makanan, dlsb. Diare pada balita tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya banyak kematian pada bayi yang disebabkan oleh diare. Hal ini disebabkan karena saat diare yang berkepanjangan, bayi akan kehilangan banyak cairan dari dalam tubuhnya. Akibatnya bayi rentan terkena dehidrasi yang berujung pada kondisi yang serius hingga kematian.

Untuk mencegah hal ini terjadi, penggunaan suplemen zinc sangat dianjurkan. Suplemen zinc merupakan suplemen yang mengandung zinc. Dimana seperti yang kita ketahui zinc merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan pada diare anak. Selain pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare, mineral yang satu ini juga diperlukan tubuh untuk proses sintesis protein, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, menjaga metabolisme tubuh, serta berguna untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh.

Pemberian suplemen zinc untuk mengatasi diare pada balita sesuai dari rekomendasi WHO dan UNICEF sebanyak 20 mg (1 tablet) selama 10 hingga 14 hari. Sedangkan pada anak berusia di bawah 6 bulan dosis yang dianjurkan sebanyak 10 mg (1/2 tablet) per harinya. Untuk cara pemberian pada balita bisa dilakukan dengan cara melarutkannya pada air matang atau ASI.

Sekedar informasi, zinc merupakan nutrisi yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Sehingga selain memberikan zinc dari suplemen, Anda juga bisa memberikan asupan makanan yang mengandung zinc pada anak. Beberapa contoh makanan yang mengandung zinc, seperti ayam, daging, kepiting, tiram, lobster, kacang almond, kacang mede, kacang merah, susu, keju, oatmeal, serta sereal yang kaya dengan zinc. Mengingat pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare, Anda bisa memberikan mineral ini saat anak mengalami kondisi tersebut dengan tidak lupa memperhatikan dosis yang dianjurkan. Tak lupa untuk mencukupinya kebutuhan zinc dalam tubuh, bisa Anda lakukan dengan memberikan asupan makanan yang mengandung zinc.

Posting Komentar untuk "Manfaat Suplemen Zinc untuk Mengatasi Diare pada Balita"