Selasa, 26 Februari 2019

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro

XiaomiRedmiNote5front

Xiaomi sepertinya melakukan jejak yang sama dengan Samsung, dimana terus memproduksi ponsel di berbagai level. Mulai dari level bawah, entry level hingga flagship. Ini diharapkan para pangsa pasar dapat memilih sesuai dengan kebutuhan maupun budget yang mereka punya.

Salah satu ponsel yang akan kami bahas adalah Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro. Kedua ponsel ini berada pada pasar yang berbeda secara geografis. Dimana Xiaomi Redmi Note 5 dipasarkan di Indonesia, sedangkan Redmi Note 5 Pro dipasarkan di India.

Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro sudah sama-sama beredar di pasar smartphone Indonesia. Hanya berbeda pada konotasi ‘PRO’. Lalu kira-kira apa bedanya? Simak artikel ini.

Bulan April tahun 2018 lalu Xiaomi resmi memasarkan Xiaomi Redmi Note 5 yang sebelumnya telah dirilis di India. Ternyata setelah di Indonesia, ponsel ini memiliki daftar spesifikasi yang beda dengan di India, walaupun menggunakan nama yang sama. Yang saya amati, Xiaomi Redmi Note 5 di Indonesia sebenarnya lebih mirip ke Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Sebagian besar spesifikasinya sama saja. Hanya saja, ada sedikit perbedaan di antara Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Berikut perbedaannya:

Spesifikasi kamera 
Kamera keduanya mengusung spesifikasi yang mumpuni, sama-sama menggunakan kamera utama (belakang) dengan konfigurasi ganda 12 megapiksel + 5 megapiksel. Namun sebenarnya keduanya berbeda. Xiaomi Redmi Note 5 Pro dibekali dengan kamera ganda 12 megapiksel (aperture f/2.2) dan 5 megapiksel (aperture f/2.0).

sedangkan, Xiaomi Redmi Note 5 versi Indonesia dibekali kamera ganda 12 megapiksel (aperture f/1.9) dan 5 megapiksel (aperture f/2.0). Saat di tes keduanya, Xiaomi Redmi Note 5 Pro mampu mengambil foto dengan efek bokeh yang lebih baik dari Redmi Note 5 versi Indonesia. Kemampuan menjepret gambar di situasi minim cahaya Redmi Note 5 Pro juga lebih baik.

Bagaimana dengan kamera depannya? Di atas kertas, Xiaomi Redmi Note 5 Pro memiliki resolusi kamera depan yang lebih tinggi.

Dapur Pacu
Sama-sama mengusung dapur pacu yang sama, baik Xiaomi Redmi Note 5 Pro maupun Xiaomi Redmi Note 5 versi Indonesia, yakni sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 636.  Sementara RAM keduanya hadir dengan dua pilihan RAM.

Besaran RAM yang ditawarkan kedua negara ini ternyata berbeda. Redmi Note 5 Pro versi pasar India  menawarkan RAM 4GB dan 6GB. Sedangkan di pasar Indonesia, Redmi Note 5 hanya menawarkan dengan varian RAM 3GB dan 4GB.

Di kedua pasar Negara juga menawarkan memori internal yang berbeda. Di Indonesia, menawarkan 32 GB dan 64 GB. Sementara di India hanya menawarkan 64GB saja dia dua varian RAM yang berbeda. Tetapi kedua ponsel ini memiliki slot microSD up to 128GB. Tidak perlu takut kehabisan kapasitas penyimpanan internal.

Desain Ponsel
Bentang layar Xiaomi Redmi Note 5 maupun Xiaomi Redmi Note 5 Pro mampu mengakomodasi tampilan yang nyaman untuk penglihatan, di bawah terik matahari sekalipun. Keduanya menggunakan layar dengan desain kekinian, yakni dengan bezel yang tipis. Ukuran layar keduanya sendiri sebesar 5,99 inci dengan dukungan resolusi Full HD 1080 x 2160 piksel dengan aspect ratio 18:9. Jenis layar yang digunakan sudah mendukung IPS LCD.

Demikian tadi perbandingan Xiaomi Redmi Note 5 yang dijual di pasar Indonesia dengan Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang beredar di pasar India. Semoga menjadi bahan pertimbangan Anda semua sesaat sebelum membeli kedua ponsel tersebut.

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: elektropedia

0 komentar:

Posting Komentar